Tanggal 26 november 2011 kemarin terjadi sesuatu hal yang menguras kantong ajaib
alias "dompet". gimana tidak, selama perjalanan ke mangga dua, AC mati. setelah
benerin AC, malah Aki keok, untung ada bengkel. setelah ganti aki baru,
indikator aki masih nyala di kabin driver. karena istri gak mau service atau
beli alternator 2nd. akhirnya tanggal 4 desember 2011 kemarin kepasang deh
alternator 70 A merk BOSCH pada acara Gathering Karimun Kaskus ke-3.
Berikut komentar salah satu member Karimun Kaskus, Om HT (yang masang alternator di karimun saya) :
Halah sampe saya juga lupa lapor mengenai alternator , syukur deh saya bisa bantu temen2 lagi dengan tersedianya alternator optional 70 amp, dengan harga bersahabat dalam keadaan baru gress yang plek dengan karimun, seharga 800.000 saja tanpa pasang dan belom berikut ongkir,
Ritual pemasangan :
Berikut komentar salah satu member Karimun Kaskus, Om HT (yang masang alternator di karimun saya) :
Halah sampe saya juga lupa lapor mengenai alternator , syukur deh saya bisa bantu temen2 lagi dengan tersedianya alternator optional 70 amp, dengan harga bersahabat dalam keadaan baru gress yang plek dengan karimun, seharga 800.000 saja tanpa pasang dan belom berikut ongkir,
Ritual pemasangan :
- Pulley alternator beda dengan mm, tapi disiasati dengan menukarnya , jadi pulley alternator yg lama dipake lagi, kalo kesulitan buka bautnya , gak usah cape2 ketok2, segera cari toko bAn yg agak besar, bWa ke sana minta dibukain pake impact wrench, mesin yg seperti bor untuk buka baut roda, pasti terbuka.
- Jika keduanya sudah terbuka angkat kedua pulley, dan dibawahnya ada ring spacer pengatur jarak, tapi karena kemaren gak ada sigmat jadi saya gak ukur lagi, alternator bosch kudu ditambah ring sekitar 1-2 mm, karena kalo dipasang langsung pulleynya gesrot ke body alternator, kalo gesrot tambah lagi ringnya, sampai fak gesrot lagi pulleynya kencangkan baut pulley dan alternator siap dipasang.
- Conector input alternTor kebetulan bisa langsung pasang tanpa rubah2 lagi alias sam plek pnp.
- Setelah pemasangan cek lagi kekencangan beltnya, kalo mau lebih baik lagi ganti pulley alternator dengan punya suzuki jimny yg diameternya labih kecil sedikit.
- Selesai:
- Aki 12,4 volt pada saat mesin mati
- Aki >13,2 volt pada saat mewin hidup tanpa beban.
- Aki 12,5 volt pada saat mesin hidup dengan beban lamp headlamp, ac dan lampu foglamp. So berarti aman untuk digunakan malam hari dalam keadaan macet.. Dan sudah dibuktikan oleh om cahyasri.
om itu 12,5V kondisi idle full beban listrik yah?
ReplyDeletekondisi normal yah om
salam karimun :p
iya om...
Deletekondisi idle saat beban full, lampu dan AC.
yang masang Om HT saat gathering ke 3 K3 (Komunitas Karimun Kaskus)
om ketika ganti alternator baru angkatan mesin tetap atau lebih berat, mengingat alternator baru ampere nya lebih besar...trims infonya
ReplyDeletelebih berat om jadinya..., jadi seperti sedia kala sebelum pasang pulley v2-nya, menurut saya gitu sih
DeleteMasih awet Om alternatornya ? itu garansi berapa tahun ya ?
ReplyDeleteterima kasih sebelumnya ...
Mohon maaf baru menjawab, Alternatornya sih awet om, tetapi alternatornya kalah sama tempatnya. maksudnya karena perlu modifikasi agar dapat terpasang dengan baik. terakhir sebelum saya jual karimunnya, sudah saya jadikan standard, alternatornya masih bisa. garansinya sih lupa berapa tahun.
DeleteTerima kasih om Cahya udah direspon :) . Maaf , mau nanya lagi ...itu " perlu modifikasi agar dapat terpasang dengan baik " bisa lebih detail kah ? dibuatkan dudukan baru / gimana ? ada rencana ganti juga soalnya ... terima kasih atas jawaban nya .
Deletecaranya seperti di posting om, untuk dudukan saat itu gak dibuatkan. hanya ganti pulley alternator bawaan karimunnya..
Deleteom, alternator punya mobil ap om?
ReplyDeleteada di gambar om, punya baleno
DeleteBarusan saya ke toko sparepart resmi suzuki. Alternator ori baleno generasi awal harga 1,7 jt. Yg merk bosch 1,2 jt. Di toko onderdil ada juga merk 3m abal2 80 amp harga 700rb. Akhirnya tetep pilih bosch aja buat gantiin alternator si mumun
DeleteIya om, cuma karena beda, mesti mensiasati pulley alternatornya, karena berbeda antara punya karimun dan baleno
DeleteBarusan saya lepas pasang sendiri alternator karimun kotak, buset susah bener Om, sempit banget space nya. Baut panjang gak bisa dilepas karena Mentok ke rangka/body, terpaksa lepas dudukan yang nempel ke mesin yang 3 Baut, dan 1 Baut nya ada di bawah jadi harus dongkrak & ngolong lepasin Baut ketiga. Abis itu si alternator harus diturunkan lewat kolong pakai tali karena gak bisa diambil ke atas soalnya Mentok ke Pipa pipa rem & oil stick juga.
ReplyDeleteSetelah lepas, alternator saya bawa ke bengkel dinamo untuk ganti bearing (2 buah), ganti spool (gulungan) & angker nya dengan yang kualitas bagus tapi bekas, total abis sepertiga harga Bosch 70A.
Setelah beres, bawa pulang lalu pasang sendiri dengan sequence kebaikan dari bongkar. Perjuangan banget deh hehehe.
Karimun kotak, ganti busi aja setengah mati tapi masih dikukut aja nih abis lucu sih bentuknya haha
Mantab banget om, saya mah nyerah klo suruh ganti sendiri, selain gak ngerti juga karena perlengkapan yang kurang. tp bagaimana alternator nya, sampai saat ini bagus kah?
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteHalo om salam kenal om saya mau tanya om memangnya altenator ori karimun sudah tidak ada lagi ya di pasaran? sehingga harus di modif pakai merek lain ? mohon responya karena saya butuh referensi buat beli mumun bekas era 2006
ReplyDeleteSalam kenal juga om. ganti itu karena kebetulan rusak dan mungkin ada kebutuhan kelistrikan yang besar. jadi selama gak ada kebutuhan ya yang standard aja cukup om. saya aja, sudah dibalikin ke standard nya lagi.
DeleteMaaf om mau nanya . Karimun sy klo malam kadang akinya cpt tekor .vbelt nya cepat kalah..kata toko sparepart pulleynya sdh aus.hrs ganti pulley baru...mohon sarannya om
ReplyDeleteMaaf ya om, baru balas. memang bisa om, karena pulley di alternatornya, membuat aki cepat tekor. cuma sih tergantung umur mobilnya berapa lama. biasanya sih memang jarang ganti pulley, yang sering, belt, alternator atau aki.
Delete