Skip to main content

karimun ganti alternator 70A

Tanggal 26 november 2011 kemarin terjadi sesuatu hal yang menguras kantong ajaib alias "dompet". gimana tidak, selama perjalanan ke mangga dua, AC mati. setelah benerin AC, malah Aki keok, untung ada bengkel. setelah ganti aki baru, indikator aki masih nyala di kabin driver. karena istri gak mau service atau beli alternator 2nd. akhirnya tanggal 4 desember 2011 kemarin kepasang deh alternator 70 A merk BOSCH pada acara Gathering Karimun Kaskus ke-3.


Berikut komentar salah satu member Karimun Kaskus, Om HT (yang masang alternator di karimun saya) :


Halah sampe saya juga lupa lapor mengenai alternator , syukur deh saya bisa bantu temen2 lagi dengan tersedianya alternator optional 70 amp, dengan harga bersahabat dalam keadaan baru gress yang plek dengan karimun, seharga 800.000 saja tanpa pasang dan belom berikut ongkir,

Ritual pemasangan :
  1. Pulley alternator beda dengan mm, tapi disiasati dengan menukarnya , jadi pulley alternator yg lama dipake lagi, kalo kesulitan buka bautnya , gak usah cape2 ketok2, segera cari toko bAn yg agak besar, bWa ke sana minta dibukain pake impact wrench, mesin yg seperti bor untuk buka baut roda, pasti terbuka.
  2. Jika keduanya sudah terbuka angkat kedua pulley, dan dibawahnya ada ring spacer pengatur jarak, tapi karena kemaren gak ada sigmat jadi saya gak ukur lagi, alternator bosch kudu ditambah ring sekitar 1-2 mm, karena kalo dipasang langsung pulleynya gesrot ke body alternator, kalo gesrot tambah lagi ringnya, sampai fak gesrot lagi pulleynya kencangkan baut pulley dan alternator siap dipasang.
  3. Conector input alternTor kebetulan bisa langsung pasang tanpa rubah2 lagi alias sam plek pnp.
  4. Setelah pemasangan cek lagi kekencangan beltnya, kalo mau lebih baik lagi ganti pulley alternator dengan punya suzuki jimny yg diameternya labih kecil sedikit.
  5. Selesai:
Pada saat pengetesan :
  1. Aki 12,4 volt pada saat mesin mati
  2. Aki >13,2 volt pada saat mewin hidup tanpa beban.
  3. Aki 12,5 volt pada saat mesin hidup dengan beban lamp headlamp, ac dan lampu foglamp. So berarti aman untuk digunakan malam hari dalam keadaan macet.. Dan sudah dibuktikan oleh om cahyasri.

Comments

  1. om itu 12,5V kondisi idle full beban listrik yah?
    kondisi normal yah om

    salam karimun :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om...
      kondisi idle saat beban full, lampu dan AC.

      yang masang Om HT saat gathering ke 3 K3 (Komunitas Karimun Kaskus)

      Delete
  2. om ketika ganti alternator baru angkatan mesin tetap atau lebih berat, mengingat alternator baru ampere nya lebih besar...trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih berat om jadinya..., jadi seperti sedia kala sebelum pasang pulley v2-nya, menurut saya gitu sih

      Delete
  3. Masih awet Om alternatornya ? itu garansi berapa tahun ya ?

    terima kasih sebelumnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru menjawab, Alternatornya sih awet om, tetapi alternatornya kalah sama tempatnya. maksudnya karena perlu modifikasi agar dapat terpasang dengan baik. terakhir sebelum saya jual karimunnya, sudah saya jadikan standard, alternatornya masih bisa. garansinya sih lupa berapa tahun.

      Delete
    2. Terima kasih om Cahya udah direspon :) . Maaf , mau nanya lagi ...itu " perlu modifikasi agar dapat terpasang dengan baik " bisa lebih detail kah ? dibuatkan dudukan baru / gimana ? ada rencana ganti juga soalnya ... terima kasih atas jawaban nya .

      Delete
    3. caranya seperti di posting om, untuk dudukan saat itu gak dibuatkan. hanya ganti pulley alternator bawaan karimunnya..

      Delete
  4. Replies
    1. Barusan saya ke toko sparepart resmi suzuki. Alternator ori baleno generasi awal harga 1,7 jt. Yg merk bosch 1,2 jt. Di toko onderdil ada juga merk 3m abal2 80 amp harga 700rb. Akhirnya tetep pilih bosch aja buat gantiin alternator si mumun

      Delete
    2. Iya om, cuma karena beda, mesti mensiasati pulley alternatornya, karena berbeda antara punya karimun dan baleno

      Delete
  5. Barusan saya lepas pasang sendiri alternator karimun kotak, buset susah bener Om, sempit banget space nya. Baut panjang gak bisa dilepas karena Mentok ke rangka/body, terpaksa lepas dudukan yang nempel ke mesin yang 3 Baut, dan 1 Baut nya ada di bawah jadi harus dongkrak & ngolong lepasin Baut ketiga. Abis itu si alternator harus diturunkan lewat kolong pakai tali karena gak bisa diambil ke atas soalnya Mentok ke Pipa pipa rem & oil stick juga.

    Setelah lepas, alternator saya bawa ke bengkel dinamo untuk ganti bearing (2 buah), ganti spool (gulungan) & angker nya dengan yang kualitas bagus tapi bekas, total abis sepertiga harga Bosch 70A.

    Setelah beres, bawa pulang lalu pasang sendiri dengan sequence kebaikan dari bongkar. Perjuangan banget deh hehehe.

    Karimun kotak, ganti busi aja setengah mati tapi masih dikukut aja nih abis lucu sih bentuknya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab banget om, saya mah nyerah klo suruh ganti sendiri, selain gak ngerti juga karena perlengkapan yang kurang. tp bagaimana alternator nya, sampai saat ini bagus kah?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Halo om salam kenal om saya mau tanya om memangnya altenator ori karimun sudah tidak ada lagi ya di pasaran? sehingga harus di modif pakai merek lain ? mohon responya karena saya butuh referensi buat beli mumun bekas era 2006

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga om. ganti itu karena kebetulan rusak dan mungkin ada kebutuhan kelistrikan yang besar. jadi selama gak ada kebutuhan ya yang standard aja cukup om. saya aja, sudah dibalikin ke standard nya lagi.

      Delete
  7. Maaf om mau nanya . Karimun sy klo malam kadang akinya cpt tekor .vbelt nya cepat kalah..kata toko sparepart pulleynya sdh aus.hrs ganti pulley baru...mohon sarannya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya om, baru balas. memang bisa om, karena pulley di alternatornya, membuat aki cepat tekor. cuma sih tergantung umur mobilnya berapa lama. biasanya sih memang jarang ganti pulley, yang sering, belt, alternator atau aki.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Format Date SQL Server

Sebenarnya artikel kali ini hanyalah catatan saya menggunakan format date di SQL Server. Saya sering kali lupa harus menggunakan fungsi yang mana untuk melakukan format pada sebuah tanggal. Kejadiannya, saya memerlukan hanya untuk mengambil tanggalnya saja dari penulisan tanggal yang lengkap (tanggal, bulan, tahun). Berbekal dari 2 rujukan: https://stackoverflow.com/questions/28842873/convert-sql-server-date-to-mm-yyyy https://docs.microsoft.com/en-us/sql/t-sql/functions/datepart-transact-sql?view=sql-server-2017 Akhirnya saya menemukan apa yang saya butuhkan. select getdate() >> 2019-01-22 11:14:32.630 select format(getdate(), 'dd') >> 22  select datepart(day,getdate()) >> 22

FOUR Productivity FEYNMAN- strategies

Ada twit yang menarik FOUR Productivity FEYNMAN- strategies: i) Stop trying to know-it-all. ii) Don't worry about what others are thinking. iii) Don't think about what you want to be, but what you want to do. iv) Have a sense of humor and talk honestly. pic.twitter.com/NMtwmpWECk — Prof. Feynman (@ProfFeynman) July 1, 2018 namun yang menarik lagi di komentarnya, banyak komentar menarik yang juga dapat dijadikan bahan pembelajaran diri. Salah satu komentarnya berisi  jika kita sudah mengetahui semuanya, kita sudah mati . Hal ini berarti " belajar, tidak ada batas waktu ".

Hitung Jumlah Kolom di Tabel (SQL)

Hitung Jumlah Kolom di Tabel / Count the number of columns in Table (SQL). Biasanya kita malas hitung nih jumlah kolom yang ada pada suatu tabel, saking banyaknya value yang mau di capture. permasalahannya, gimana caranya ya ??? ya dengan hitung manual, yang pasti lebih ngreget waktu hitungnya kalo fieldnya lebih dr 50 kolom. ya pake query aja, kan lebih simple dan gak usah pake' kelupaan. SELECT COUNT(*) FROM INFORMATION_SCHEMA.[COLUMNS] WHERE TABLE_NAME in (' [nama_tabel]')  Database yang digunakan SQL Server.